HISTORY ANAKITA

HISTORY  ANAKITA
Clinic for Community Empowerment (CCE)Rumah Tumbuh Kembang ANAKITA


Merupakan sebuah pusat layanan Psikologi Anak &Keluarga yang bertujuan memberikan sebuah solusi bagi pengembangan sumber daya masyarakat secara sederhana, nyata dan menyeluruh.
Bergerak dalam bidang kesehatan diterapkan pada lingkup sosial dan pendidikan dengan misi memberikan aplikasi terpusat dan terpadu yang dikemas secara sederhana dan komprehensifdengan tujuan agar lingkup elemen masyarakat terutama keluarga mendapatkan pengetahuan, pemahaman objektif dan positif yang dapat  diterapkan secara mandiri.

Dalam proses perjalanannya Rumah Tumbuh Kembang (RTK) ANAKITA yang merupakan pusat pelayanan psikologi anak dan dewasa. Kepercayaan masyarakat dan berbagai pihak terhadap Rumah Tumbuh Kembang (RTK) berdampak positif membuat kami terus berupaya menjaga merespon kepercayaan klien dan pasien dengan berusaha konsisten pada tujuan utama optimalisasi tumbuh kembang anak dan keluarga.





LATAR  BELAKANG
Perkembangan jaman yang didukung oleh perkembangan berbagai pengetahuan memberikan dampak positif bagi manusia, namun tidak dapat dihindari selain dampak positif adanya dampak negatif yang terjadi di berbagai aspek masyarakat baik secara individual, kelompok maupun komunitas masyarakat secara luas. Hal tersebut terlihat dari semakin banyaknya kasus yang terjadi di lingkungan kita, mulai dari kasus pada usia anak, kasus remaja , keluarga sampai lansia. Kasus tersebut juga terdapat di berbagai bidang diantaranya bidang pendidikan, sosial dan industri. Sosialisasi dari media dan himbuan sudah cukup sering dilakukan namun terasa belum memberikan perubahan secara signifikan, hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu masih kurangnya pemahaman individu maupun komunitas dalam masyarakat untuk peka dalam merespon kondisi yang sedang terjadi baik secara mandiri maupun dalam lingkup yang lebih luas. Kondisi dan kasus yang terjadi tidak hanya dilingkungan kota-kota besar saja, namun terjadi juga di wilayah daerah daerah sehingga perlu adanya pemerataan tentang pengetahuan pemahaman sebagai salah satu cara untuk mengetahui secara dini kondisi yang kita alami, baik kita sebagai individu, kelompok maupun sebagai komunitas dalam masyarakat. 















VISI  DAN  MISI
RTK ANAKITA memiliki misi dan visi yaitu
memberikan aplikasi terpusat dan terpadu yang dikemas secara sederhana dan komprehensifdengan tujuan agar lingkup elemen masyarakat terutama keluarga mendapatkan pengetahuan, pemahaman objektif dan positif yang dapat  diterapkan secara mandiri.



ALUR  PROSEDUR  RTK  ANAKITA
Pada proses pelaksanaannya, RTK  ANAKITA memiliki tahapan alur , yaitu   :

Pendaftaran ( Free Konsultasi )

Pemeriksaan (Psikolog Klinis, Dokter, Ahli Genetik )

Penyerahan hasil pemeriksaan dan rekomendasi program

Persetujuan kesepakatan

Persetujuan jadwal pelaksanaan program

Pelaksanaan program yang diikuti






JENIS  LAYANAN  DAN  PROGRAM
Layanan Usia Anak & Remaja
Layanan Gangguan Tumbuh Kembang (Usia Anak & Remaja)
          Private Tumbuh Kembang
          Sentra minat bakat
          Private Kelas Kepribadian ( mulai usia 10 tahun)
          Bimbel ANAKITA (Khusus anak yang memiliki kesulitan konsentrasi)
          Paket Psikotes

          Kesulitan Konsentrasi
          Kecemasan 
          Kecanduan Gadget ( Hp, Games Online)
          Keterlambatan Bicara
          Kesulitan Belajar
          Sensori Integrasi
          Hambatan Kognitif
          Gg. Perilaku

LAYANAN  USIA  DEWASA & KELUARGA
          Konsultasi Dewasa
          Konsultasi Keluarga
          Konseling Keluarga
          Pemeriksaan Lengkap
          Private Kelas Kepribadian
          Paket Psikotes
          Psikoterapi



 

FASILITAS  DAN RUANG
      >   Ruang  dan Sarana PrivateTumbuh kembang
      >  Ruang dan Saran Sentra Minat Bakat
      >    Ruang Konsultasi
      >   Ruang Pemeriksaan
      >   Ruang dan Sarana Private kelas kepribadian
      >   Ruang Psikoterapi
      >   Ruang  serba guna

TENAGA  AHLI  DAN TIM
*      Psikolog Klinis
*      Dokter Umum
*      Dokter Spesialis Anak
*      Dokter Syaraf
*      Psikiater
*      Ahli Genetik
*      Tim Tutor
*      Koord.Administrasi dan operasional
*      Tim Manajemen
*      Tim Divisi Humas
*      Tim Divisi Publikasi
*      Koord. Perlengkapan
CERITA  DARI  RTK ANAKITA

Beberapa dampak dari media, internet dan gadget
Masalah Belajar
       Penggunaan media televisi, internet dan gadget yang tidak tepat menimbulkan efek yang dapat mengurangi konsentrasi dalam melakukan aktifitas termasuk aktifitas belajar pada siswa, mengurangi konsentrasi, gangguan emosi dan gangguan penyesuaian. Selain itu secara interaksi sosial individu kurang peka terhadap lingkungannya karena merasa memiliki keasyikan sendiri. Motorik kurang terstimulasi dengan baik karena saat menggunakan gadget individu hanya menggunakan beberapa bagian motoriknya secara berulang-ulang atau secara berlebihan. Kondisi tersebut dapat berdampak pada aktifitas belajar dan prestasi belajar siswa.
Resiko pornografi dan kekerasan, gangguan emosi
Berbagaifasilitas yang terdapatpadamedia televisi, internet maupun gadgetmemudahkanpenggunanyauntukmemperolehinformasi yang diinginkanmaupunmemberikaninformasi yang ingindisebarkanolehberbagaipihaktermasukdalambentuktayangan, tulisan, video termasukhal yang berhubungandenganpornografi.Tidakjarang, anak-anaksampaidewasamenonton tayangan televisi, internet dan memakai gadget yang berisi unsurkekerasan.
Televisi merupakan salah satu sarana yang paling diminati sebagai sumber informasi. Kegiatan menonton televisi Selainitu, padabanyak gadgetmeskipun game yang dimainkanadalah offline, tetapi gadget tetapdapatmemudahkanpenggunanyauntukmengaksesberbagaikontensetiapsaatbahkantidak sedikit yang mengandungkontenpornografi.
Kekerasan dan pornografi adalah dua hal yang sangat negative bagi individu, banyak orang yang mengaksesnya karena unsure ketidak sengajaan dari penggunaan  gadget.  Hal tersebut tidak hanya dialami pada kalangan dewasa maupun remaja, namun akhir-akhir ini usia anak pun mengalaminya.
Dampak negatif dari media televisi, internet dan gadget tidak hanya berhenti pada tahap kekerasan dan pornografi, ketika seseorang mengalami aktifitas tersebut maka akan berdampak kepada kondisi-kondisi yang menimbulkan masalah bagi orang tersebut maupun lingkungan sekitarnya. Pornografi dan kekerasan sexual dapat menimbulkan seseorang mengalami Gangguan perilaku, korban dari kekerasan sexual akan mengalami dampak seperti kondisi trauma, kehamilan tidak diinginkan (KTD), Gangguan emosi, Gangguan penyesuaian diri, dll.






Kecanduan
 Orang dewasa maupun remaja dapat rentan mengalami kecanduan menonton tayangan televisi maupun penggunaan internet dan gadget. Kondisi tersebut juga dapat terjadi pada anak-anak, karena kecanduan anak-anak tidak mau bermain diluar sehingga dunianya tidak bertambah luas dan berdampak juga terhadap prestasi belajarnya karena kecanduan menimbulkan malas belajar dalam jiwa anak. Kecanduan gadget merupakan suatu penyakit yang disebutdengan Internet Addictive Disorder (DIS) yang merupakan salah satu gangguan mental.Ciri-ciri penderita DIS ini adalah terlihat kurang tidur, menjadi anti sosial, mengisolasi diri dan juga prestasi dan kinerja individu tersebut mengalami penurunan. Dinamakan kecanduan ketika aktifitas ini sudah sampai mengganggu aktivitas lain.Kecanduan gadget termasuk game online ini memiliki dampak bagi psikologis. Jika individumemahami dengan bijak dalam merespon gadget, tentu tidak akan memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap  perilakunya.











































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beranda